Sosialisasi Kode Etik PNS Serta Diklat UU ASN Bagi CPNS Tahun 2015

IMG_0390 IMG_0461 IMG_0516

Pemerintah Kota Serang dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah Kota Serang menggelar Sosialisasi Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pendidikan dan Pelatihan PNS Serta Serta UU No 05 Tahun 2015 Tentang ASN Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota Serang . Acara yang digelar di Gedung KPRI, Rabu 04 November 2015, dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Serang Yoyo Wicahyono, S.Sos, MM.dan dilanjutkan Pemaparan Materi oleh Sekretaris Bkd Kota Serang Farach Richi,S.STP,MSi, Kepala Bidang Diklat Bkd Kota Serang Asep Setiawan, S.Sos,MSi.

Yoyo  dalam sambutannya mengatakan, PNS sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan abdi masyarakat yang diserahi tugas untuk menjalankan  tugas-tugas pemerintahan baik dalam bidang pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang senantiasa berinteraksi dengan masyarakat.

Lanjut Yoyo , untuk itulah dibutuhkan pedoman bagi setiap CPNS dalam bersikap dan bertingkah laku yang dapat menciptakan PNS yang berkarakter, berdedikasi, bertanggung jawab, kreatif, berdisiplin, dapat bekerja sama dan memilki kemampuan, keteladanan, kepekaan serta kesadaran dan wawasan kebangsaan yang tinggi.

Hal tersebut diatas, menurutnya sudah tertuang di dalam UU No 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS serta Perwal No.24 Tahun 2012tentang Kode Etik PNS lingkup Pemerintah Kota Serang yang berisi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang sangat relevan dengan tuntutan birokrasi saat ini.

Ia menilai pemahaman PNS terkait dengan peraturan tersebut dipandang masih minim,  yang cenderung menimbulkan berbagai persoalan, antara lain bergesernya nilai-nilai kesopanan, kesantunan, rasa saling hormat, kejujuran, dan kedisiplinan, ketulusan dan rasa kesetiakawanan makin rendah, serta lunturnya semangat dan wawasan kebangsaan  PNS.

Yoyo berharap dari sosialisasi ini para peserta dapat menggali informasi yang sebanyak-banyaknya terkait dengan kode etik dan pembinaan jiwa korps PNS guna mewujudkan PNS seperti yang kita harapkan bersama.#admin Budi Nh

 

Posted on: 04/11/2015, by : administrator